2. Masalah Nyata Perpangkatan
Tujuan Pembelajaran:
4.1.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep bilangan
berpangkat.
berpangkat.
MATERI:
Contoh:
1.Seorang peneliti melakukan pengamatan terhadap bakteri tertentu. Setiap ½ hari bakteri membelah diri menjadi dua. Pada awal pengamatan terdapat 2 bakteri. Jika setiap 2 hari ¼ dari jumlah bakteri mati, hitunglah banyaknya bakteri setelah 3 hari
Jawab:
Hari ke 1 : bakteri membelah diri 2 kali : $2 \Rightarrow 4 \Rightarrow 8$
Jadi jumlah bakteri hari ke 1 adalah 8 bakteri
Hari ke 2 : bakteri membelah diri 2 kali : $8 \Rightarrow 16 \Rightarrow 32$
pada hari ke 2, ¼ dari bakteri mati = $\frac{1}{4}\times 32 = 8$
Jadi jumlah bakteri hari ke 2 adalah $32 - 8 = 24$ bakteri
Hari ke 3 : bakteri membelah diri 2 kali : $24 \Rightarrow 48 \Rightarrow 96$
Jadi jumlah bakteri setelah 3 hari adalah 96 bakteri
Latihan 3
1. Di kota A awalnya terdeteksi 3 orang positif terinfeksi virus corona. Karena tidak ada pembatasan sosial, ternyata setiap penderita menularkan kepada 3 orang lainya setiap 2 hari. Berapa jumlah penderita terinfeksi virus corona dalam waktu 30 hari? Jika kasus kematian karena virus corona di kota tersebut adalah 15%, berapa orang yang sembuh dari virus corona?