KD dan Tujuan Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar
Kompetensi dasar:
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifatsifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
Tujuan Pembelajaran:
No. | Tujuan Pembelajaran |
4.1.1 3.1.2 | Menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan. Menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan. $$\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |
4.1.1 | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep bilangan berpangkat. $$\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |
3.1.3 3.1.4 | Mengidentifikasi sifat perkalian pada perpangkatan. Menentukan hasil kali dari perpangkatan dengan basis yang sama. |
3.1.5 3.1.6 | Mengidentifikasi sifat pemangkatan pada perpangkatan. Menentukan hasil pemangkatan dari perpangkatan dengan basis yang sama. |
3.1.7 3.1.8 | Mengidentifikasi sifat perpangkatan dari perkalian bilangan. Menentukan hasil perpangkatan dari suatu perkalian bilangan. $$\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |
4.1.2 | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep perkalian pada perpangkatan. $$\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |
3.1.9 3.1.10 | Mengidentifikasi sifat pembagian pada perpangkatan. Menentukan hasil pembagian dari perpangkatan. $$\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |
4.1.3 | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep pembagian pada perpangkatan. $$\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |
3.1.11 3.1.12 | Mengidentifikasi sifat pangkat nol dan pangkat negatif. Menentukan hasil pangkat nol dan pangkat negatif. $$\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |
3.1.13 | Menentukan akar pangkat n dari suatu bilangan |
3.1.14 | Mengubah bentuk akar ke dalam perpangkatan. |
3.1.15 | Menyederhanakan bentuk akar. |
3.1.16 | Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bentuk akar. |
4.1.4 | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep bentuk akar. $$\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |
3.1.17 3.1.18 | Menulis notasi ilmiah menjadi bentuk biasa. Menulis notasi ilmiah dari suatu bilangan $\bbox[lightblue,5px,border:2px solid red] {Lihat \ Materi}$$ |